,

Marah Sedih

Hashtag #ShameOnYouMalaysia Menjadi Viral Setelah Insiden Bendera Terbalik

Credit - twitter @maymayrin

BitUptime.com – Hashtag #ShameOnYouMalaysia menjadi viral di situs jejaring sosial Twitter, setelah insiden bendera terbalik. Masyarakat menilai ini adalah kesalahan fatal pihak Malaysia setelah bendera Indonesia dicetak terbalik dalam sebuah buku panduan untuk Southeast Asian Games. Insiden ini menuai banyak protes, akibatnya masyarakat geram dan hashtag #ShameOnYouMalaysia pun membanjiri Twitter.

 

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir mengatakan kesalahan tersebut “menunjukkan kelalaian” dan meminta buku panduan tersebut, yang telah disebarkan ke VIP pada upacara pembukaan Asian Games Asia Tenggara ke-29 di Kuala Lumpur, dihapus dan segera merilis versi terbarunya.

“Persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, tapi kesalahan dalam menghadirkan identitas nasional tidak dibenarkan,” kata Thohir.

 

 

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia Imam Nahrawi bahkan juga turut serta nge-twit karena menganggap kesalahan bendera nasional ini kesalahan yang fatal.

Itu adalah upacara pembukaan yang bagus tapi dimanjakan oleh kelalaian fatal yang sangat menyakitkan ini” tulisnya.

Tidak ada kebencian yang dimaksudkan“, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, men-tweet, mengutarakan permintaan maaf.

Panitia Penyelenggara Malaysia juga meminta maaf, dengan mengatakan bahwa ini adalah “kesalahan yang tidak disengaja.”

Kami sangat menyesali kesalahannya” katanya dalam sebuah pernyataan.

Insiden di Olimpiade Internasional

Upacara olah raga yang meriah sering kali dirusak oleh insiden yang memalukan, seperti bendera yang salah ditampilkan ataupun lagu kebangsaan yang salah dimainkan.

Komite Olimpiade Rio menggunakan bendera Cina yang salah pada upacara penghargaan pada bulan Agustus tahun lalu.

Bintang-bintang di bendera China yang diangkat saat upacara perebutan medali di cabang olahraga berenang dan menembak tidak tepat diposisikan, lapor Reuters, mengutip media China.

 

Insiden lainnya, Atlet Rusia yang meraih emas di kejuaraan dunia biathlon di Austria pada Februari memiliki perasaan campur aduk saat lagu kebangsaan Rusia dimainkan dalam versi yang salah. Penyelenggara meminta maaf atas insiden tersebut.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

5 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

The Toilet-shaped House

Keren! Inilah 10 Rumah Terunik di Dunia

Sedih! Inilah 10 Foto Kota Aleppo Sebelum dan Sesudah Perang