,

Sedih

Dampak Pergaulan Bebas Pada Remaja

Credit - gedubar.com

BitUptime.com – Jaman yang semakin berkembang memang memberikan efek positif dan negatif bagi masyarakat kita. Terutama bagi anak – anak muda. Banyak sekali efek positif perkembangan jaman bagi anak muda. Namun tidak sedikit pula efek negatif yang ditimbulkan dari perkembangan jaman ini. Salah satu efek negatifnya adalah pergaulan bebas yang marak di kalangan anak muda. Berubahnya pola pikir masyarakat menjadi lebih modern membuat norma – norma dalam masyarakat mulai tersingkir pula. Hal ini sangat miris jika kita lihat bahwa Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya sangat menjunjung tinggi norma dan nilai kemasyarakatan.

Dampak pergaulan bebas ini tidak hanya berpengaruh pada diri si pelaku sendiri. Tetapi secara otomatis nama baik keluarga si pelaku juga tercoreng oleh karena pergaulan bebas yang dilakukan. Biasanya pergaulan bebas ini terjadi pada anak – anak usia remaja sampai dewasa muda. Masa remaja adalah masa dimana manusia mulai mencari jati diri. Hal itu menyebabkan individu tersebut menjadi labil. Dengan rasa keingintahuan yang tinggi, remaja biasanya mencoba semua hal yang ada di depannya tanpa berpikir panjang mengenai risikonya.

Dampak Pergaulan Bebas

Miris sekali kalu kita lihat jaman sekarang ini pergaulan bebas sudah mulai merambah anak usia SMA bahkan SMP. Faktanya sekitar 40 % anak SMA di seluruh Indonesia ternyata sudah tidak virginh lagi. Hal itu tidak lepas dari mudahnya akses internet dan teknologi yang berkembang pesat. Berikut dampak Pergaulan Bebas yang harus diketahui orang tua.

1. Terkena Penyakit HIV / AIDS

Hal inilah yang paling ditakutkan dalam pergaulan bebas. Para anak remaja dengan rasa keingintahuannya yang tinggi mencoba melakukan adegan dewasa yang seharusnya belum pantas mereka lihat. Dengan kurangnya pengetahuan dan hanya menelan bulat – bulat saja mereka melakukan hal tersebut. Hal itu meyebabkan mereka sering bergonta – ganti pasangan tanpa alat pengaman. Sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit HIV / AIDS.

2. Kehamilan Tanpa Pernikahan

Hal ini adalah dampak pergaulan bebas yang sering terjadi. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan remaja tentang seks. Mereka hanya ingin merasakan rasanya hubungan seksual tanpa pikir panjang mengenai resiko yang akan timbul darinya.

3. Kecanduan Narkoba

Pergaulan bebas juga mengarahkan anak muda kepada penyalahgunaan obat – obatan terlarang yang menimbulkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, mereka bisa saja melakukan tindakan kriminal lain sperti mencuri dan lain lain. Mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan narkoba tersebut.

Akhirnya bagi kita sebagai orang tua yang memiliki anak usia remaja, penting untuk selalu mendampingi perkembangan anak. Mendampingi disini bukan berarti kita harus mengikuti kemanapun perginya anak kita. Berilah kebebasan dan jangan terlalu dikekang. Dengan demikian anak kita akan merasa diberi tanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri. Sehingga akan terbentuk prinsip dalam kehidupannya.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

One Comment

Leave a Reply

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lionel Messi Bisa Meninggalkan Barcelona Musim Panas Mendatang Dengan Status Bebas Transfer

Skor 2-1 Timnas Indonesia U-19 Unggul Atas Myanmar

Skor 2-1 Timnas Indonesia U-19 Unggul Atas Myanmar