,

Sedih

Dampak Negatif Gaya Hidup Modern

Ilustrasi Via Kaskus

LifestyleBitUptime.com – Pada zaman sekarang segala sesuatunya telah mengalami banyak perubahan. Semuanya menjadi lebih praktis dan otomatis. Semua karena perkembangan teknologi yang membantu kehidupan manusia.

Namun, dari perubahan pola kehidupan ini ada banyak dampak negatif gaya hidup modern. Berikut kita bahas beberapa dampak negatifnya.

Pekerjaan Dilakukan Teknologi

Dampak gaya hidup modern pertama yaitu banyak pekerjaan manusia yang digantikan teknologi. Sebagai contoh pabrik – pabrik modern banyak yang menggunakan mesin sehingga berkurang jumlah pekerja. Walau menekan biaya produksi namun menimbulkan dampak banyak pengangguran. Sedangkan contoh kecil dirumah sendiri seperti kegiatan mencuci telah tergantikan oleh mesin cuci.

Gaya Hidup Serba Instan

Banyak gaya hidup baru yang ditawarkan salah satunya kemudahan dalam layanan online. Banyak hal yang bisa kita ketahui dengan layanan internet. Layanan internet memudahkan kita berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Namun pola komunikasi sendiri kini telah bergeser. Komunikasi langsung yang biasanya dilakukan dua orang atau lebih yang menimbulkan efek kedekatan menjadi tergantikan dengan komunikasi tidak langsung atau melalui media sosial. Hal ini dampaknya bisa kita rasakan sendiri, kita banyak melihat smartphone dan bermain smartphone padahal kita sedang bersama orang – orang terdekat kita.

Munculnya Budaya Baru

Kemudahan teknologi memperluas penyebaran informasi baik dalam dan luar negeri. Penyebaran informasi yang mudah inilah menyebabkan banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia. Lemahnya masyarakat Indonesia dalam menghadapi paparan globalisasi ini menjadikan lunturnya budaya Indonesia dan masuknya budaya asing. Remaja muda seolah enggan dan merasa aneh dengan budaya tradisional Indonesia namun mereka merasa terbiasa dan lebih akrab dengan budaya dari manca Negara sebut saja jepang, korea bahkan amerika. Bahkan mereka menganggap berbicara menggunakan bahasa daerah Indonesia kuno sedangkan menggunakan bahasa luar itu keren. Inilah kenapa banyak anak belajar istilah – istilah bahasa asing.

Ketergantungan Terhadap Teknologi

Karena teknologi mempermudah semuanya sehingga manusia seolah – olah dimanjakan dengan kemudahan tersebut. Hal ini berdampak pada sumber daya manusia yang mulai ketergantungan dan semakin membuat manusia malas. Contoh kecilnya masalah dalam mengerjakan tugas sekolah. Banyak siswa – siswi bahkan mahasiswa yang mulai malas belajar menggunakan buku. Dalam membuat makalah atau sebagainya mereka memilih jalan pintas internet. Padahal dalam internet informasi yang dibagikan hanya separuhnya. Lebih lengkap informasi dari buku. Bahkan tidak jarang mereka menggunakan edit tempel tanpa membaca informasi terlebih dahulu.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Badai Salju Mengerikan di Planet Mars

Badai Salju Mengerikan di Planet Mars

Fakta Unik Tentang Wanita

Fakta Unik Tentang Wanita, Kaum Pria Wajib Tau