,

Suka Kagum

Automotive Grade Linux, Sistem Infotainment Mobil Berbasis Linux

Image Source - techdrivein.com

BitUptime.com – Mungkin tidak banyak yang mendengar tentang Automotive Grade Linux (AGL), sebuah proyek yang diselenggarakan oleh yayasan Linux untuk membangun platform berbasis Linux untuk aplikasi otomotif. Proyek ini dimulai pada tahun 2012 dan anggota pendiri terdiri dari raksasa otomotif seperti Jaguar Land Rover, Nissan, dan Toyota, bersama dengan raksasa teknologi seperti Fujitsu, HARMAN, NVIDIA, Renesas, Samsung dan Texas Instruments (TI). Platform Automotive Grade Linux (AGL) akan diluncurkan pada tahun 2018 di Toyota Camry.

Adopsi AGL Toyota pada tahun 2018 di Toyota Camry

Automotive Grade Linux atau AGL adalah platform infotainment open source berbasis Linux yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Sebagai proyek yang didukung oleh Linux Foundation, AGL sekarang menawarkan dukungan berbasis Linux untuk otomotif di seluruh dunia. Seiring dengan anggota pendiri seperti JLR dan Toyota, raksasa manufaktur mobil seperti Daimler AG, Ford, Honda, Mitsubishi Motors, Subaru dll juga ikut dalam proyek AGL ini.

Pada 2018 kelak, Toyota Camry akan menjadi mobil pertama yang memanfaatkan AGL. Menurut Dan Cauchy dari AGL, “Toyota adalah pengguna awal Linux dan open-source dan telah menjadi anggota aktif dan kontributor AGL selama beberapa tahun. Mereka telah menjadi kekuatan pendorong di balik pengembangan platform infotainment AGL, dan kami sangat antusias untuk melihat daya tarik di seluruh industri ini“.

Fleksibilitas platform AGL memungkinkan kita segera meluncurkan sistem infotainment Toyota melintasi jajaran kendaraan kita, memberikan konektivitas dan fungsionalitas baru kepada pelanggan dengan kecepatan yang lebih konsisten dengan teknologi konsumen,” kata Keiji Yamamoto, Executive Vice Presiden, Toyota Motor Corporation, dalam siaran persnya.

Mengadopsi pengembangan open source memungkinkan kami memfokuskan sumber daya untuk mengembangkan fitur baru yang inovatif dan membawa mereka ke pasar secara cepat.”

Untuk mengintegrasikan dan memperbarui teknologi terbaru ke sistem infotainment in-house dengan memberi pilihan kepada konsumen Android Auto atau Apple CarPlay. AGL bisa menjadi paket kompromi yang bagus dimana pembuat mobil tidak harus menyerahkan sepenuhnya kepada raksasa Silicon Valley.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aksi Valentino Jebret di Balik Layar

VIDEO – Begini Aksi Valentino Jebret di Balik Layar Saat Indonesia VS Filipina

65 Fakta Menarik Tentang Keperawanan

65 Fakta Menarik Tentang Keperawanan