,

Suka Kagum

8 Tips Ini Akan Membuat Startup Kamu Sukses

BitUptime.com – Dinamika dalam menciptakan dan menjalankan bisnis startup sangat kompleks dan membutuhkan tingkat kemahiran manajemen yang cukup besar dari seorang wirausahawan. Memutuskan untuk meluncurkan startups bisa menjadi usaha yang sangat menantang mengingat waktu dan usaha yang diperlukan untuk memastikan bahwa startup bisa bersaing dan bertahan di pasar. Faktanya, riset pasar menunjukkan bahwa, rata-rata, setidaknya 90% dari pemula cenderung gagal sementara hanya 10% saja yang bisa bertahan melewati tahun pertama mereka.

Fakta statistik ini mungkin agak mengecilkan hati bagi pemula dalam dunia startup. Menang tidak ada alasan bagi siapa pun untuk berputus asa sejak memasuki dunia bisnis, karena kita tahu bahwa dunia bisnis adalah tentang mengambil risiko; kita tidak akan mendapatkan apa-apa jika kita tidak memiliki keberanian untuk terjun ke dunia perdagangan yang kompetitif dan mengambil risiko besar dengan gagasan bisnis. Jadi jika kamu berencana untuk menciptakan bisnis startup kamu sendiri, maka kamu harus mengambil risiko untuk menemukan jalan yang akan menghasilkan kesuksesan.

Berkomitmen pada peluncuran dan keberlanjutan startup melibatkan beberapa faktor penting yang harus kamu capai. Elemen-elemen pokok ini diperlukan kalau kamu ingin bisnis startup yang kamu buat bisa bertahan dalam jangka panjang. Berikut ini adalah 8 tips yang akan membuat startup kamu sukses.

Fokus pada layanan atau produk

Pastikan ide atau produk yang kamu miliki benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Kelola produk atau layanan yang kamu buat secara maksimal. Mungkin banyak diantara kita yang memiliki ide sangat bagus, namun tidak fokus dalam merealisasikannya. Beberapa bahkan tumbang sebelum usaha startup meraih kesuksesan besar. Inilah sebabnya mengapa sangat penting kita harus meluangkan banyak waktu untuk meneliti dan mengembangkan apa yang kita tawarkan kepada konsumen sehingga mereka dapat memahami dengan baik apa keunggulan produk atau layanan kita.

Perhatikan branding

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pengusaha saat membuat startup adalah dengan identitas merek yang benar-benar mencolok dan mudah diingat. Ini tidak hanya mengacu pada estetika visual bisnis, tapi juga mencerminkan jenis industri perusahaan.

Buat rencana bisnis yang solid

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh kebanyakan pemilik bisnis saat mencoba meluncurkan startup adalah mereka tidak memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang. Dengan demikian, Pastikan kita selalu memiliki rencana untuk perkembangan startup kita, sehingga kita bisa mengatasi jika suatu saat ada kendala. Kita harus mengetahui arah startup, sehingga kita bisa mengetahui perangkap yang harus dihindari sepanjang perjalanan. Selain itu, rencana bisnis membantu kita melihat bagaimana pasar merespons bisnis kita dan apakah bisnis kita dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

Jadilah kompetitif soal harga

Dengan begitu banyak pemula yang muncul dari kiri dan kanan pada titik tertentu, pasar menjadi penuh dengan persaingan. Oleh karena itu, satu-satunya cara agar kita dapat bertahan dalam permainan pasar adalah mampu menerapkan harga yang kompetitif, ini sangat membantu dalam menjaring klien. Salah satu poin inti yang harus kita ingat adalah selalu memikirkan garis bawah. Startups tidak dapat bertahan kecuali kita mampu mengukur pesaing kita dan memastikan penawaran kita dihargai sebanding dengan apa yang kita berikan kepada klien.

Mengambil pendekatan yang berbeda kepada karyawan

Kita tidak mungkin bekerja sendiri dalam membangun bisnis. Ada kalanya kita merasa kewalahan, nah saat itulah kita memerlukan rekan bekerja. Startup baru biasanya akan kesulitan mendapatkan karyawan, karena pemikiran orang biasanya ragu kepada startup yang masih seumur jagung. Untuk itu kita perlu memikirkan kembali strategi perekrutan. Dengan adanya internet di kehidupan modern, sangat memudahkan kita untuk mengiklankan lowongan kerja. Kita dengan mudah bisa menemukan bakat terbaik untuk bekerja untuk di startup kita.

Terus berinovasi

Rahasia untuk bertahan dalam dunia bisnis adalah dengan berinovasi sehingga perusahaan akan berevolusi dan beradaptasi dengan perubahan zaman dan kebutuhan konsumen. Kita harus tetap mengikuti tren teknologi karena inovasi sangat bergantung pada alat yang kita gunakan untuk memperbaiki berbagai produk dan layanan.

Gunakan media sosial dengan bijak

Banyak pemula yang menarik perhatian karena penggunaan media sosial dan internet untuk menyebarkan kabar tentang produk mereka. Ini adalah langkah cerdas karena orang dapat menerima detail tentang hal-hal baru dengan lebih cepat melalui akun media sosial mereka. Media sosial juga merupakan alat hebat yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan berbagai keuntungan, ini adalah cara yang bagus untuk berinteraksi langsung dengan klien secara real time. Menyebarkan kampanye iklan sekarang lebih mudah karena apa pun yang kita publikasikan akan dilihat dan dibagikan kepada jutaan orang lainnya.

Menjadi prospek akuisisi

Bagi banyak perusahaan startups yang ambisius, ujung permainan mereka adalah mereka ingin diakuisisi oleh perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan sehingga bisnis akan terus berkembang. Banyak perusahaan yang kita kenal saat ini awalnya sebagai perusahaan pemula yang akhirnya diakuisisi oleh startup lain. Jadi jika kita memiliki niat di masa depan startup kita diakuisi oleh perusahaan yang lebih besar, kita harus melakukan semua yang bisa kita lakukan, untuk memastikan bahwa startup kita adalah startup yang mumpuni untuk diakuisisi. Namun usaha kita akan sia-sia pada akhirnya ketika startup lain mendekati kita dengan tawaran yang sangat murah. Pastikan startup kita memiliki keunggulan unik dan memiliki daya tarik bagi investor atau perusahaan besar.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gagal Tes CPNS Kemenkumham, Jangan Kuatir Masih Ada Lowongan CPNS Periode II

Aksi Valentino Jebret di Balik Layar

VIDEO – Begini Aksi Valentino Jebret di Balik Layar Saat Indonesia VS Filipina