,

Sedih

7 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Credit - emaze.com

BitUptime.com –  Seperti yang sudah kita ketahui dengan pasti bahwasanya merokok memberikan dampak negatif bagi tubuh kita. Kebiasaan buruk ini memang belum bisa dilepaskan 100 % oleh orang – orang khususnya di negara Indonesia ini. Kebanyakan orang yang sudah terlanjur menjadi perokok aktif merasa kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini. Padahal mereka pasti sudah tahu bahwa merokok memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh mereka. Rokok seakan sudah menjadi “makanan” sehari – hari mereka yang tidak dapat ditinggalkan.

Di dalam satu batang rokok terkandung 4000 senyawa kimia. Dan 250 dari jumlah tersebut terbukti berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu banyak efek – efek negatif yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan merokok ini. Mari kita lihat satu persatu.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

1. Dapat Menyebabkan Peningkatan Resiko Kanker

Di dalam rokok terkandung kadar 1,3 Butadiene. Jika anda belum tahu apa itu butadiene, butadiene adalah bahan kimia yang digunakan untuk produksi karet. Kandungan butadiene itu akan meningkatkan resiko terjadinya kanker perut, limpa serta kanker darah.

2. Merusak Lapisan Dalam Paru – Paru

Dalam rokok juga terdapat kandungan Akrolein, Formaldehida, serta Kromium VI. Bahan tersebut adalah bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan logam paduan, cat serta pewarna. Bahan – bahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kanker paru – paru.

3. Menyebabkan Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Rokok ternyata juga mengandung zat yang disebut arsenik. Zat arsenik ini biasanya digunakan untuk mengawetkan kayu. Zat arsenik ini juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kanker.

4. Menyebabkan Penyakit Leukemia

Efek buruk berikutnya dari rokok ini adalah menyebabkan penyakit leukemia. Hal itu dikarenakan di dalam rokok mengandung zat benzene. Zat benzene ini seharusnya digunakan untuk produksi bahan kimia lainnya.

5. Merusak Organ Ginjal

Pada susunan bahan kimiawi rokok juga mengandung zat yang disebut kadmium. Zat Kadmium ini merupakan bahan logam yang digunakan dalam pembuatan baterai. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri. Selain itu juga dapat menyebabkan terganggunya proses perbaikan DNA.

6. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung Dan Serangan Jantung

Kandungan karbon monoksida dalam rokok yang masuk ke aliran darah dapat menimbulkan peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung serta serangan jantung. Karbon monoksida ini menimbulkan efek turunnya jumlah oksigen yang dibawa sel darah merah.

7. Peningkatan Tekanan Darah Dan Denyut Jantung

Bahaya merokok bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah tersebut dapat menimbulkan serangan jantung secara mendadak yang sangat berbahaya. Hal itu dikarenakan pada rokok terkandung zat yang dinamakan nikotin. Adanya nikotin di dalam darah akan mengganggu kelancaran aliran darah ke jantung.

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

2 Comments

Leave a Reply
  1. Tapi tetap saja saya prihatin sama generasi muda sekarang.. kebanyakan diumur kurang lebih 15 tahun sudah mulai merokok..

    Padahal bahaya merokok-pun sudah jelas tertulis di bungkusan rokoknya..

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aplikasi redBus

7 Aplikasi Pemesanan Tiket dan Reservasi Bis Terbaik

Nanex Mini Android Phone

6 Smartphone Paling Unik di Dunia