,

Lucu Kagum

10 Fakta Aneh Tentang Lobster

Credit - sciencefocus.com

BitUptime.com – Lobster adalah hewan yang sangat aneh. Diantaranya mereka tidak memiliki akord vokal, memiliki dua perut, dan kita ketahui mereka saling makan satu sama lain.

Tapi keanehan-keanehan tersebut tak akan pernah kamu pikirkan saat lobster besar mendarat di piring makanm. Saat kamu mengeluarkan daging lobster dari cangkangnya, mengocoknya dengan mentega hangat, menambahkan perasan lemon, dan menikmati setiap gigitan manis dan lezat. Hmmmm, hilang sudah keanehan-keanehan lobster, yang ada di pikiran sekarang adalah kelezatannya.

Namun sebelum menyantap hidangan lobster, berikut 10 fakta aneh tentang lobster yang harus kamu ketahui.

10. Lobster adalah makanan orang miskin dan tahanan di Inggris

Eits, kamu yang suka makan lobster jangan marah dulu. Ini memang terjadi, faktanya pada abad 18 sampai awal abad 19 lobster sangat melimpah di Inggris. Bahkan pembantu dan tahanan sudah sangat biasa makan lobster.

Namun seiring perkembangan zaman dan permintaan lobster yang meningkat, sementara  pasokan lobster terbatas, harga lobster menjadi melambung tinggi.

9. Lobster tidak berwana merah

Lobster sebenarnya tidak berwarna merah seperti saat di hidangkan. Di alam liar, kebanyakan lobster berwarna coklat kehijauan. Mereka berubah merah saat dimasak karena pemanasan.

Namun bukan berarti semua lobster tidak ada yang berwarna merah sebelum dimasak. Beberapa jenis lobster memiliki berwarna merah sebelum dimasak, meskipun dengan kombinasi warna oranye, kuning, hijau, biru dan berbagai warna lain. Dalam beberapa kasus, warna ini adalah mutasi genetik. Faktor lain, ada hubungannya dengan makanan yang dimakan lobster.

8. Lobster kencing dari wajah

Nah loh, mungkin kedepannya kalau kamu lihat lobster bukannya nafsu makan malah agak jijik ya. Tapi tenang, sebagian besar saat mengolah hidangan lobster, chef membuang bagian wajah lobster kok.

Seekor lobster kencing dari nefrophores yang terletak di dasar antena kedua. Organ ekskretoris ini disebut kelenjar hijau, termasuk kantung yang dihubungkan ke kandung kemih oleh tabung yang bergulung.

Selain itu, Lobster juga kencing dari tempat lain di tubuh mereka, termasuk insang dan kelenjar pencernaan. Tujuan ekskresi dari nephrophores bukan hanya untuk menyingkirkan limbah beracun dan kotoran, tetapi juga bagian dari ritual kawin si lobster.

Lobster jantan suka bertarung. Lobster betina mencari pria yang paling agresif dan dominan di daerah tersebut dan menunjukkan ketertarikan mereka dengan kencing beberapa kali. Urin mereka mengandung feromon, yang membuatnya tenang dan membuatnya mood. Lobster juga kencing di wajah masing-masing musuh selama perkelahian untuk mengekspresikan diri.

7. Lobster punya dua perut

Ternyata lobster memiliki dua perut. Salah satunya terletak di bagian yang selama ini kita anggap kepala lobster – tepat di belakang matanya. Perut ini mengandung ciri seperti gigi (disebut penggilingan lambung) yang digunakan untuk menghancurkan makanan. Begitu makanannya cukup lembut, makanan ini dipindahkan ke perut yang lain. Sebagian besar perut lobster diisi oleh kelenjar pencernaan yang berfungsi sebagai sistem penyaringan.

6. Kehilangan capit? tidak masalah

Lobsteb menggunakan penjepitnya, atau capit, untuk menghancurkan kerang dan karapas mangsanya. Selain itu, mereka menggunakannya saat terjadi pertarungan. Tak jarang mereka kehilangan capit ini. Namun ini bukan masalah yang besar bagi lobster. Faktanya capit lobster dapat tumbuh kembali saat proses molting.

5. Lobster tidak berisik

Beberapa orang merasa ngeri saat memasak lobster dalam keadaan hidup karena mendengar suara lobster. Kebanyakan orang percaya suara itu adalah suara lobster yang kesakitan saat air mendidih.  Namun faktanya, lobster tidak memili pita suara. Suara yang terdengar mungkin udara yang lepas dari cangkang lobster.

4. Hubungan percintaan lobster hanya dua minggu

Beberapa orang beranggapan bahwa hubungan percintaan lobster seumur hidup, ternyata ini salah. Faktanya hubungan percintaan lobster hanya dua minggu. Lobster jantan dominan akan mengawini lobster betina yang dia cintai, namun setelah dua minggu, dia akan mendekati lobster betina lain melakukan hal sama. Seterusnya hingga semua betina di sekitarnya dikawini. Dasar buaya, eh… dasar lobster 😀

3. Betina bisa membawa sperma hingga dua tahun

Ketika lobster melakukan perkawinan, jantan menyimpan spermanya ke betina sebelum dia pergi, tapi itu tidak berarti bahwa telurnya langsung dibuahi. Dalam beberapa kasus, lobster betina dapat mengambil keputusan kapan waktu yang tepat untuk membuahi telurnya. Lobster betina dapat menyimpan sperma hidup di tubuhnya selama dua tahun sebelum menggunakannya untuk menyuburkan telurnya.

2. Lobster bisa jadi kanibal

Salah satu alasan kenapa lobster tidak bisa tumbuh hingga dewasa adalah karena mereka saling memakan satu sama lain. Perilaku kanibal ini tidak hanya terjadi pada lobster yang masih kecil, tetapi juga terjadi pada lobster yang sudah dewasa. Bahkan tak jarang si betina yang mengadung telur memakan anak-anaknya sendiri.

1. Lobster tidak menunjukan tanda-tanda penuaan

Lobster tidak menua dengan cara yang sama seperti kebanyakan hewan lainnya, mereka tidak menjadi lemah atau kehilangan kemampuan mereka untuk bereproduksi, dan akan terus melakukan molting dan tumbuh hingga bertahun tahun. Namun, itu tidak berarti mereka hidup selamanya. Pada kondisi tertentu, mereka bisa mati karena sebab alami. Seringkali ini dikarenakan mereka kehabisan energi untuk bergerak dan juga terkena beberapa penyakit.

Lobster mencapai ukuran dewasa mereka saat mereka memiliki berat antara 1,5 hingga 2 pound (680 dan 907 gram), namun yang terberat yang pernah tertangkap tercatat sebesar 44 pound (20 kilogram). Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa lobster di alam liar bisa hidup sampai 50 tahun lamanya.

 

Written by BitUptime

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa Like fanpage kami di Facebook dan follow twitter kami @bituptime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Fakta Unik Negara Belanda

10 Fakta Unik Negara Belanda

Harga dan Spesifikasi Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 Resmi Rilis, Inilah Harga dan Spesifikasinya